Sunday, March 12, 2017

Membuat Baut autocad 3d

Silahkan gan....


Sekarang mari kita bikin baut disamping ini yach…sebelum kita memulai mengambar kita lakukan persiapan menggambar seperti yang sudah-sudah yaitu pengaturan terhadap layar area penggambaran agan-agan apa saja itu. a.) Atur jenis templat yang akan digunakan yaitu acadiso templat yang menggunakan ukuran mm. caranya : klik new, klik acadiso. b.)Tentukan area gambar pada autocad ketik limits enter, untuk pojok kiri bawah tetap 0 dan untuk pojok kanan atas tetap dafaultnya komputer 420,247 enter saja.c.)aktifkan dsettings untuk mempermudah mencari bagian tertentu dari gambar seperti ujung garis yaitu end, tengah garis yaitu mid, center lingkaran yaiktu cen dan berbagai macam lainnya. Caranya : ketik dsettings enter, cari objek snap dan centang semua pilihan. Tentu agan-agan ingin tau mengapa harus perlu diatur tujuan utama adalah mempermudah kita dalam pengeditan gambar teru
tama kita ingin mengedit bagian tertentu akan sulit dilakukan jika tampilan gambar dalam keadaan standar. Disini dibutuhkan zoom in/zoom window bagian terkecil tersebut.
Bikin lingkaran dengan diameter 0.5  caranya ketik circle enter, klik di sembarang tempat, klik diameter ketik 0.5 enter. Ulang lagi untuk lingkaran kedua dengan diameter 0.6.caranya sama dengan lingkaran sebelumnya. Yaitu ketik circle klik center dari lingkaran, klik diameter ketik angka 0.6. Untuk lingkaran ketiga 0.8 sama juga ketik circle klik center lingkaran sebelumnya, klik diameter ketik angka 0.8. Untuk lingkaran ke empat dengan ukuran 1. Satuan yang kita gunakan adalah milimeter ya….untuk ukuran tidak perlu menyebutkan satuannya karena sudah termaktup pada templatnya yaitu accadiso. Sekarang agan-agan bisa lihat ada lingkaran yang berhimpitan di satu center yang sama sebanyak empat lingkaran yang berbeda-beda.
Sekarang robah tampilan 2d menjadi 3d caranya : Klik disudut kotak view antara S dan E pada pojok kanan atas. Nah tampilan sudah menjadi 3d. sekarang membuat polygonal pertama, Klik polygonal, klik center lingkaran tentukan banyak sisinya=6 enter, kemudian radius= 0.4 enter. polygonal ke dua, klik polygonal  klik center lingkaran, tentukan banyak sisinya=6 enter, dan klik tengah garis polygonal pertama (lihat gambar contoh) sehingga ujung-ujung garis (end point) polygonal kedua terletak di tengah garis-garis polygonal pertama jika dilihat seperti bintang. Hapus lingkaran dengan diameter 0.8 . sekarang tinggal lingkaran dengan diameter 1 , 0.6 dan 0.5 . Ketik region enter (memberi lapisan pada objek kurva), ketik all enter. untuk lingkaran diameter 0.5 digandakan dulu caranya : ketik copy enter klik lingkaran dengan diameter 0.5, arahkan ketempat kosong dan klik sekali (gambar lingkaran 0.5 sudah menjadi dua).Lakukan penebalan terhadap lingkaran diameter   0.6 , 0.5 dan polygonal pertama dan kedua dengan ketebalan 0.4 caranya : ketik extrude enter, klik semua lingkaran-lingkaran yang telah ditentukan termasuk polygonal pertama dan kedua  tentukan ketebalanya pada height = 0.4 enter.
Sekarang fillet terhadap polygonal pertama yang radius=0.4 caranya : ketik fillet enter klik satu garis polygonal pertama enter, tentukan radius=0.09 enter dan klik semua garis-garis pada polygonal pertama enter. Lihat hasilnya digaris-garis pada polygonal pertama berbentuk semi lingkaran. Sekarang kita gunakan perintah intersection terhadap polygonal pertama dan kedua caranya : ketik intersection enter klik polygonal kedua dan klik polygonal pertama dan enter. Sekarang hapus lingkaran dengan diameter 0.6. Sekarang buat lobang diantara polygonal yang sudah di intersection dengan lingkaran diameter 0.5, caranya : ketik subtract enter klik polygonal enter dan klik lingkaran diameter 0.5 enter. lihat hasilnya klik view, klik conceptional. Apabila berhasil lanjutkan untuk menebalkan lingkaran cadangan dengan diameter 0.5 dengan ketebalan 0.3 caranya : ketik extrude enter, klik objek lingkaran hasil copian enter. pada height=0.3 enter dan pindahkan ke center bagian bawah lingkaran 0.5 yang disubtract dengan polygonal sebelumnya. Caranya : ketik move enter ambil center objek lingkaran yang sudah di extrude 0.3  bagian bawah dan pindahkan ke lingkaran 0.5 yang sudah digabungkan dengan polygonal. Lakukan extrude terhadap lingkaran diameter= 1 caranya : ketik extrude enter, klik lingkaran diameter =1 pada height = -0.1. Sekarang telah terbentuk kepala baut.
Sekarang kita bikin batang ulir dari baut, caranya bikin lingkaran di center lingkaran diameter 0.5 dengan diameter 0.2 .dan lakukan extrude dengan ketebalan 2 . ketik ekstrude enter pada height = -2. Untuk ulirnya bagai mana? Ketik helix enter. klik center dari lingkaran dan base radius klik lingkaran diameter=0.2  dan top radius klik lingkaran=0.2 . klik turn banyak perputaran = 30 untuk tinggi ulir klik lingkaran bagian atas lingkaran 0.2 . Sekarang bikin segi tiga sama sisi, caranya : ketik line enter. @0.09<90 enter dan lanjutkan @0.09<315 dan cl (close). Lakukan pedit untuk ketiga garis caranya : ketik pedit  enter, klik garis enter dan klik semua segitiga. Dilanjutkan lakukan perputaran rotate3d caranya : ketik rotate3d enter . Tentukan sumbu x axis enter. Klik titik sudut perputaran kemudian tentukan besar perputaran=90. Pindahkan sudut  segi tiga ke ujung helix. Lakukan sweep terhadap segi tiga sama sisi. Caranya : ketik sweep enter, klik segi tiga enter, untuk path klik helix.Pindahkan hasil sweep helix ke center lingkaran 0.2 tadi. Untuk membikin bautnya miring seperti contoh. Lakukan rotate3d enter range semua gambar enter, klik sumbu x axis dan klik titik perputaran dan pada rotasi ketik=90 besar perputaran. Sekarang lihat hasilnya….. kira-kira sama dengan saya buat, kalau bisa lebih bagus dari saya.terus coba jangan nyerah.

No comments :

Post a Comment