Sekarang mari kita bikin baut disamping ini yach…sebelum
kita memulai mengambar kita lakukan persiapan menggambar seperti yang
sudah-sudah yaitu pengaturan terhadap layar area penggambaran agan-agan apa
saja itu. a.) Atur jenis templat yang akan digunakan yaitu acadiso templat
yang menggunakan ukuran mm. caranya : klik new, klik acadiso. b.)Tentukan area gambar pada autocad ketik limits enter,
untuk pojok kiri bawah tetap 0 dan untuk pojok kanan atas tetap dafaultnya
komputer 420,247 enter saja.c.)aktifkan dsettings
untuk mempermudah mencari bagian tertentu dari gambar seperti ujung garis yaitu
end, tengah garis yaitu mid, center lingkaran yaiktu cen dan berbagai macam
lainnya. Caranya : ketik dsettings enter, cari objek snap dan centang semua
pilihan. Tentu agan-agan ingin tau mengapa harus perlu diatur tujuan utama adalah
mempermudah kita dalam pengeditan gambar teru
tama kita ingin mengedit bagian
tertentu akan sulit dilakukan jika tampilan gambar dalam keadaan standar.
Disini dibutuhkan zoom in/zoom window bagian terkecil tersebut.
Bikin lingkaran dengan diameter 0.5 caranya ketik circle enter, klik di sembarang
tempat, klik diameter ketik 0.5 enter. Ulang lagi untuk lingkaran kedua dengan
diameter 0.6.caranya sama dengan lingkaran sebelumnya. Yaitu ketik circle klik
center dari lingkaran, klik diameter ketik angka 0.6. Untuk lingkaran ketiga 0.8
sama juga ketik circle klik center lingkaran sebelumnya, klik diameter ketik
angka 0.8. Untuk lingkaran ke empat dengan ukuran 1. Satuan yang kita gunakan
adalah milimeter ya….untuk ukuran tidak perlu menyebutkan satuannya karena
sudah termaktup pada templatnya yaitu accadiso. Sekarang agan-agan bisa lihat
ada lingkaran yang berhimpitan di satu center yang sama sebanyak empat
lingkaran yang berbeda-beda.
Sekarang robah tampilan 2d menjadi 3d caranya : Klik disudut
kotak view antara S dan E pada pojok kanan atas. Nah tampilan sudah menjadi 3d.
sekarang membuat polygonal pertama, Klik polygonal, klik center lingkaran
tentukan banyak sisinya=6 enter, kemudian radius= 0.4 enter. polygonal ke dua,
klik polygonal klik center lingkaran,
tentukan banyak sisinya=6 enter, dan klik tengah garis polygonal pertama (lihat
gambar contoh) sehingga ujung-ujung garis (end point) polygonal kedua terletak
di tengah garis-garis polygonal pertama jika dilihat seperti bintang. Hapus
lingkaran dengan diameter 0.8 . sekarang tinggal lingkaran dengan diameter 1 ,
0.6 dan 0.5 . Ketik region enter (memberi lapisan pada objek kurva), ketik all
enter. untuk lingkaran diameter 0.5 digandakan dulu caranya : ketik copy enter
klik lingkaran dengan diameter 0.5, arahkan ketempat kosong dan klik sekali
(gambar lingkaran 0.5 sudah menjadi dua).Lakukan penebalan terhadap lingkaran
diameter 0.6 , 0.5 dan polygonal pertama dan kedua
dengan ketebalan 0.4 caranya : ketik extrude enter, klik semua
lingkaran-lingkaran yang telah ditentukan termasuk polygonal pertama dan kedua tentukan ketebalanya pada height = 0.4 enter.
Sekarang fillet terhadap polygonal pertama yang radius=0.4
caranya : ketik fillet enter klik satu garis polygonal pertama enter, tentukan
radius=0.09 enter dan klik semua garis-garis pada polygonal pertama enter.
Lihat hasilnya digaris-garis pada polygonal pertama berbentuk semi lingkaran.
Sekarang kita gunakan perintah intersection terhadap polygonal pertama dan
kedua caranya : ketik intersection enter klik polygonal kedua dan klik
polygonal pertama dan enter. Sekarang hapus lingkaran dengan diameter 0.6.
Sekarang buat lobang diantara polygonal yang sudah di intersection dengan
lingkaran diameter 0.5, caranya : ketik subtract enter klik polygonal enter dan
klik lingkaran diameter 0.5 enter. lihat hasilnya klik view, klik conceptional.
Apabila berhasil lanjutkan untuk menebalkan lingkaran cadangan dengan diameter
0.5 dengan ketebalan 0.3 caranya : ketik extrude enter, klik objek lingkaran
hasil copian enter. pada height=0.3 enter dan pindahkan ke center bagian bawah
lingkaran 0.5 yang disubtract dengan polygonal sebelumnya. Caranya : ketik move
enter ambil center objek lingkaran yang sudah di extrude 0.3 bagian bawah dan pindahkan ke lingkaran 0.5
yang sudah digabungkan dengan polygonal. Lakukan extrude terhadap lingkaran
diameter= 1 caranya : ketik extrude enter, klik lingkaran diameter =1 pada
height = -0.1. Sekarang telah terbentuk kepala baut.
Sekarang kita bikin batang ulir dari baut, caranya bikin
lingkaran di center lingkaran diameter 0.5 dengan diameter 0.2 .dan lakukan
extrude dengan ketebalan 2 . ketik ekstrude enter pada height = -2. Untuk
ulirnya bagai mana? Ketik helix enter. klik center dari lingkaran dan base
radius klik lingkaran diameter=0.2 dan
top radius klik lingkaran=0.2 . klik turn banyak perputaran = 30 untuk tinggi
ulir klik lingkaran bagian atas lingkaran 0.2 . Sekarang bikin segi tiga sama
sisi, caranya : ketik line enter. @0.09<90 enter dan lanjutkan @0.09<315
dan cl (close). Lakukan pedit untuk ketiga garis caranya : ketik pedit enter, klik garis enter dan klik semua
segitiga. Dilanjutkan lakukan perputaran rotate3d caranya : ketik rotate3d
enter . Tentukan sumbu x axis enter. Klik titik sudut perputaran kemudian tentukan
besar perputaran=90. Pindahkan sudut segi
tiga ke ujung helix. Lakukan sweep terhadap segi tiga sama sisi. Caranya :
ketik sweep enter, klik segi tiga enter, untuk path klik helix.Pindahkan hasil
sweep helix ke center lingkaran 0.2 tadi. Untuk membikin bautnya miring seperti
contoh. Lakukan rotate3d enter range semua gambar enter, klik sumbu x axis dan
klik titik perputaran dan pada rotasi ketik=90 besar perputaran. Sekarang lihat
hasilnya….. kira-kira sama dengan saya buat, kalau bisa lebih bagus dari
saya.terus coba jangan nyerah.
No comments :
Post a Comment