Gambar kali ini sering kita temui di ruang tamu agan-agan
yakni meja kaca, bagai mana cara membuatnya. Mari kita kerjakan sama-sama,
seperti biasa kita atur templat caranya : Klik new, klik accadisso. Aktifkan
objek snap. Caranya : ketik dsettings , klik objek snap dan centang all. Buka
area penggambaran caranya : ketik limits enter, pojok kiri bawah tekan enter,
dan pojok kanan atas ketik 5000,5000 enter. Untuk mengatur presisi ukuran
caranya : ketik units enter, mesuring unit pilih cm dan klik presisi satu angka
dibelakang koma.
Bikin segi empat dengan ukuran lebar 79 dan panjang 122 cm
caranya: Klik icon square, klik disembarang tempat lanjutkan ketik @79,122.
Klik icon arc dan bentuk sket permukaan kaca di dalam segi empat seperti contoh
gambar.
Gunakan pedit untuk menggabungkan kesemua potongan-potongan arc yang
membentuk sket kaca. Caranya : ketik pedit enter dan klik salah satu objek arc,
tekan enter dan klik semua arc-arc yang saling berhubungan itu. Bikin garis
bantu dengan arc ditengah cermin ukuran bebas (kira-kira saja), fungsinya untuk
untuk kaki cermin dan tulang kaca.
Robah tampilan 2d ke 3d caranya: klik view pada menubar dan
klik 3dview, klik SE isometrik atau kotak view pada autocad 2013 dan klik sudut
antara S dan E. Bikin lingkaran dengan ukuran diameter 4 caranya : klik icon
circle, klik letakan ditengah area gambar, klik d dan ketik 4 enter. Bikin segi
empat, dengan ukuran 5 x 3 caranya : klik icon square enter. Klik area gambar untuk titik pertama dan
ketik @5,3 enter. Bikin kaki meja berbentuk semi lingkaran lebar 45 dan tinggi
28. Caranya: klik line, klik area gambar ketik @45<0. Pada tengah garis
horizontal bikin garis vertikal dengan ketinggian 28. Caranya : ketik line
enter dan klik tengah garis horizontal ketik @28<90 enter. Garis horizontal
dan vertikal adalah sebagai garis bantu untuk membuat kaki meja caranya : klik
arc, klik end point garis horizontal dan klik end point vertikal dan klik end
point horizontal yang lain (lihat contoh gambar).
Sekarang kita posisikan kaki meja sesuai kan dengan meja
caranya : ketik rotate3d enter dan klik kaki meja. klik sumbu x sebagai pusat perputaran dan ketik 90 enter.
Sekarang kita akan jadikan kaki tersebut menjadi path (alur) untuk lingkaran.
Ketik extrude enter, klik objek enter 2
kali, klik path dan klik kaki meja. Tulang besi ditengah kaca dibikin dengan
arc posisinya disesuaikan saja. Segi empat dengan ukuran 5 x3 kita akan
posisikan untuk tulang kaca caranya : ketik rotate3d enter, klik segi empat enter dua kali. Tentukan sumbu perputaran
klik sumbu x, klik sembarang tempat dan tentukan besar perputaran ketik 90
enter. Sekarang kita extrude path dengan tulang kaca caranya : ketik extrude
enter, klik objek segi empat enter dua kali. Klik path dan klik garis tulang
kaca.
Sekarang pindahkan kaki ke posisinya, begitu juga tulangnya
(seperti gambar contoh). Lakukan extrude kaca dengan ketebalan dua cm. Caranya
: ketik extrude enter, klik objek kaca enter dua kali.ketik 2 (ketebalan 2 cm).
Beri nama layer untuk cermin dan kaki caranya : ketik layer enter, klik new
beri nama kaca, ulang lagi beri nama kaki. Penerapan layer dan gambar caranya :
toolbox layer, lihat disitu nama layer yang udah diberi nama , klik kaca pada
gambar dan klik kaca pada nama layer. Tekan escap berulang-ulang untuk menormalkan
kembali. Ulang lagi untuk kaki caranya : klik bagian kaki dan tulang kaca dan
klik kaki pada nama layer.
Pemberian material untuk kaca caranya : klik mat
, maka ditampilkan menu, cari pada kategori yaitu glass. Klik kanan mouse ,
klik add to , pilih palet aktif. Akan muncul gambar kuas pada pointer dan klik
kaca pada gambar. Ulang lagi untuk kaki caranya : cari kategori metal (kategori besi). Klik kanan pada mouse
dan klik add to, klik palet aktif, muncul
gambar kuas pada pointer dan klik kaki meja. Pencahayaan caranya : bikin
segi empat pada permukaan kaki meja, dan bikin garis vertikal searah sumbu z ke
empat sisi. Ketik light, pilih jenis cahaya dan klik point dan klik ujung
garis. jika kurang terang bisa ditambah lagi(akan tampak setelah dirender).
Posisi penglihatan (camera) caranya : buat garis bantu untuk kearah sumbu x (0o). Dari ujung
garis tadi bikin garis vertikal searah sumbu z. Ketik camera enter, klik ujung
garis pada sumbu z dan arahkan ke objek gambar meja. Akan muncul menu pada lensa
ganti 25 dan klik view, klik yes untuk melihat setting pandangan. Untuk
mengaktifkan setting keseluruhan pada gambar. Caranya : ketik view, pada model
klik nama camera yaitu camera1 dan klik set current. Klik apply. Maka pandangan
kita tadi pada SE isometrik berobah, menjadi pandangan camera yang kita atur
tadi. Ketik render untuk melihat gambar akhir. (Untuk dinding agan bikin segi
empat dan extrude begitu juga lantai
berikan material juga).
No comments :
Post a Comment