Sunday, March 12, 2017

Membuat meja kaca autocad 3d

Silahkan gan....


Gambar kali ini sering kita temui di ruang tamu agan-agan yakni meja kaca, bagai mana cara membuatnya. Mari kita kerjakan sama-sama, seperti biasa kita atur templat caranya : Klik new, klik accadisso. Aktifkan objek snap. Caranya : ketik dsettings , klik objek snap dan centang all. Buka area penggambaran caranya : ketik limits enter, pojok kiri bawah tekan enter, dan pojok kanan atas ketik 5000,5000 enter. Untuk mengatur presisi ukuran caranya : ketik units enter, mesuring unit pilih cm dan klik presisi satu angka dibelakang koma.
Bikin segi empat dengan ukuran lebar 79 dan panjang 122 cm caranya: Klik icon square, klik disembarang tempat lanjutkan ketik @79,122. Klik icon arc dan bentuk sket permukaan kaca di dalam segi empat seperti contoh gambar.
Gunakan pedit untuk menggabungkan kesemua potongan-potongan arc yang membentuk sket kaca. Caranya : ketik pedit enter dan klik salah satu objek arc, tekan enter dan klik semua arc-arc yang saling berhubungan itu. Bikin garis bantu dengan arc ditengah cermin ukuran bebas (kira-kira saja), fungsinya untuk untuk kaki cermin dan tulang kaca.
Robah tampilan 2d ke 3d caranya: klik view pada menubar dan klik 3dview, klik SE isometrik atau kotak view pada autocad 2013 dan klik sudut antara S dan E. Bikin lingkaran dengan ukuran diameter 4 caranya : klik icon circle, klik letakan ditengah area gambar, klik d dan ketik 4 enter. Bikin segi empat, dengan ukuran 5 x 3 caranya : klik icon square enter.  Klik area gambar untuk titik pertama dan ketik @5,3 enter. Bikin kaki meja berbentuk semi lingkaran lebar 45 dan tinggi 28. Caranya: klik line, klik area gambar ketik @45<0. Pada tengah garis horizontal bikin garis vertikal dengan ketinggian 28. Caranya : ketik line enter dan klik tengah garis horizontal ketik @28<90 enter. Garis horizontal dan vertikal adalah sebagai garis bantu untuk membuat kaki meja caranya : klik arc, klik end point garis horizontal dan klik end point vertikal dan klik end point horizontal yang lain (lihat contoh gambar).
Sekarang kita posisikan kaki meja sesuai kan dengan meja caranya :  ketik rotate3d enter  dan klik kaki meja. klik sumbu x  sebagai pusat perputaran dan ketik 90 enter. Sekarang kita akan jadikan kaki tersebut menjadi path (alur) untuk lingkaran. Ketik extrude enter, klik objek  enter 2 kali, klik path dan klik kaki meja. Tulang besi ditengah kaca dibikin dengan arc posisinya disesuaikan saja. Segi empat dengan ukuran 5 x3 kita akan posisikan untuk tulang kaca caranya : ketik rotate3d enter, klik segi empat  enter dua kali. Tentukan sumbu perputaran klik sumbu x, klik sembarang tempat dan tentukan besar perputaran ketik 90 enter. Sekarang kita extrude path dengan tulang kaca caranya : ketik extrude enter, klik objek segi empat enter dua kali. Klik path dan klik garis tulang kaca.
Sekarang pindahkan kaki ke posisinya, begitu juga tulangnya (seperti gambar contoh). Lakukan extrude kaca dengan ketebalan dua cm. Caranya : ketik extrude enter, klik objek kaca enter dua kali.ketik 2 (ketebalan 2 cm). Beri nama layer untuk cermin dan kaki caranya : ketik layer enter, klik new beri nama kaca, ulang lagi beri nama kaki. Penerapan layer dan gambar caranya : toolbox layer, lihat disitu nama layer yang udah diberi nama , klik kaca pada gambar dan klik kaca pada nama layer. Tekan escap berulang-ulang untuk menormalkan kembali. Ulang lagi untuk kaki caranya : klik bagian kaki dan tulang kaca dan klik kaki pada nama layer.
Pemberian material untuk kaca caranya : klik mat , maka ditampilkan menu, cari pada kategori yaitu glass. Klik kanan mouse , klik add to , pilih palet aktif. Akan muncul gambar kuas pada pointer dan klik kaca pada gambar. Ulang lagi untuk kaki caranya : cari kategori  metal (kategori besi). Klik kanan pada mouse dan klik add to, klik palet aktif, muncul  gambar kuas pada pointer dan klik kaki meja. Pencahayaan caranya : bikin segi empat pada permukaan kaki meja, dan bikin garis vertikal searah sumbu z ke empat sisi. Ketik light, pilih jenis cahaya dan klik point dan klik ujung garis. jika kurang terang bisa ditambah lagi(akan tampak setelah dirender). Posisi penglihatan (camera) caranya : buat garis bantu untuk  kearah sumbu x (0o). Dari ujung garis tadi bikin garis vertikal searah sumbu z. Ketik camera enter, klik ujung garis pada sumbu z dan arahkan ke objek gambar meja. Akan muncul menu pada lensa ganti 25 dan klik view, klik yes untuk melihat setting pandangan. Untuk mengaktifkan setting keseluruhan pada gambar. Caranya : ketik view, pada model klik nama camera yaitu camera1 dan klik set current. Klik apply. Maka pandangan kita tadi pada SE isometrik berobah, menjadi pandangan camera yang kita atur tadi. Ketik render untuk melihat gambar akhir. (Untuk dinding agan bikin segi empat dan extrude begitu juga lantai  berikan material juga).

No comments :

Post a Comment