Sunday, March 12, 2017

Membikin Nut Autocad 3d

Silahkan gan....


saya harap artikel-artikel yang bisa menjadi bahan bagi agan-agan untuk mengembangkan ilmu komputer terutama pada design autocad 2d maupun 3d.Sekarang mari kita membikin  nut autocad 3d disamping ini yap…Seperti biasa diatur dulu persiapan untuk area penggambaran.Caranya : Setelah autocad diaktifkan. a) Klik new –pilih template acadiso (ukuran milimeter).b).Ketik unit-menentukan presisi (keakuran ukuran), kita pakai satu digit saja misalnya 0,0.c).Tentukan luas area penggambaran sipojok kiri bawah ada berbentuk L (X=horizontal dan Y=Vertikal), itu adalah titik koordinat nol.-ketik limits enter, pojok kiri bawah tekan aja enter, maka ditampilkan ukuran pojok kanan atas, kita tentukan nilainya misalnya 420,247 (sama ukuran kertas A3).Apabila gambar kita bikin umpamanya rumah berarti disini ukurannya meter, maka kita hendaknya membuat batas area gambar dipojok kanan atas tadi lebih luas lagi bisa 10000,10000 (bebas aja). Begitu juga untuk menggambar area bebas seperti untuk pembangunan sebuah kawasan.d) Aktifkan objek snap (bantuan untuk penggambaran).misalnya kita dalam menggambar bertemu end,mid,cen, dll. Jadi bisa kita menentukan bagian dari gambar.-ketik dsettings : klik objek snap centang semua.e).Sekarang bedakan mana tampilan 2d atau 3d, jika agan-agan baru saja membuka autocad tampilan layarnya berbentuk 2d terdiri dari x dan y aja. Namun kalau 3d terdiri x , y dan z. caranya jika autocad 2013 seperti saya ini hmm… jangan pikirkan jadulnya tapi fungsinya bisa digunakan untuk berbagai versi hingga terbaru. Klik kotak view di klik pojok antara  S dan E , nantinya layarnya akan berubah berbentuk x,y dan z.Maka kita siap menggambar seperti gambar contoh.
a.)Sekarang buat lingkaran dengan diameter 1 cm, caranya : ketik circle atau klik icon lingkaran pada menubar home. Klik d (diameter) ketik 1 enter. Ulangi lagi ketik circle atau klik icon lingkaran klik dicenter lingkaran, ketik 0.8 enter dan terakhir ulang lagi untuk ukuran lingkaran dengan diameter 0.6 enter. Nah sekarang terdapat 3 buah lingkaran dari kecil hingga besar. Sekarang ketik poligon enter atau cari icon polygon. Tentukan angka 6 , untuk banyak sisi enter, klik center lingkaran, radiusnya separoh dari diameter 1 yaitu 0.5 enter. Ulang lagi menggunakan icon polygon tentukan 6 sisi, klik center lingkaran, klik ditengah garis salah satu sisi dari polygon (lihat gambar untuk polygon ke dua). Lingkaran yang diameter 1 cm kita hapus karena itu bantuan saja untuk menempatkan polygon pertama.
b.)Sekarang ektrude (menebalkan)  terhadap dua polygon dan dua lingkaran, caranya : ketik region enter, ketik all enter (memberi lapisan pada permukaan objek untuk dilakukan penebalan). Ketik extrude enter, tentukan ketebalan =0.4 enter. c.) lakukan fillet terhadap polygon paling besar dengan radius=0.09, caranya: ketik fillet enter, klik garis paling atas, klik radius ketik 0.09 enter dan klik 5 garis berikutnya dari sisi polygonal .Dilanjutkan garis polygon  bawah dan klik semua garis polygonal bagian bawah (hanya kusus  polygonal paling besar) enter. Sudut pada polygon sudah berbentuk semi lingkaran baik bagian atas maupun bagian bawah.d.) ketik intersection enter, klik polygon paling kecil dan klik polygon paling besar enter. Pastikan perintah intersection ini berhasil jika belum ulang lagi hingga bisa dulu, sabar ya….gan. Jika udah berhasil hapus lingkaran dengan diameter 0.8. Sekarang gambar tinggal polygonal yang sudah diintersection dan lingkaran dengan diameter 0.6. e.) Membuat lubang nut caranya : ketik subtract enter, klik polygonal yang udah di intersection enter dan klik lingkaran yang diameter 0.6 tadi sekarang lihat hasilnya view klik contseptional. Berhasilkah terdapat lubang ditengah polygonal. f.)Jika ia berarti kita buat ulir ditengahnya. Caranya buat lingkaran disembarang tempat dengan diameter 0.6 dan lakukan extrude dengan ketebalan 0.4. ketik helix atau icon helix klik center lingkaran, untuk base radius atau diameter klik garis lingkaran diameter 0.6, top radius atau diameter klik garis lingkaran diameter 0.6. klik turn (banyak putaran) disini kita pakai sebanyak 4 putaran enter, tinggi helix kita ambil garis lingkaran bagian atas (ketebalan dari extrude). Bikin segi tiga sama sisi dengan panjang 0.09 caranya : ketik line klik disembarang tempat ketik @0.09<90 enter, lanjutkan ketik @0.09<315 enter terakhir cl (close). Gabungkan ketiga garis yang membentuk segi tiga sama sisi tadi caranya :pedit enter, klik satu garis segi tiga tadi enter, klik join dan klik semua garis segi tiga tadi. Hasilnya jika kita klik segi tiga tadi maka terlihat garis putus-putus. Lakukan rotate terhadap segi tiga caranya : ketik rotate enter, klik segi tiga tentukan salah satu sudut segi tiga, tentukan besar putaran -45 enter. Lanjutkan ketik rotate3d klik segi tiga tentukan sumbu perputaran sumbu x axis, klik sudut  segi tiga, besar perputaran 90 enter.
Pindahkan segi tiga ke keujung helix caranya: ketik move enter, klik segi tiga enter, ambil satu sudut sebagai titik pusat perpindahan dan klik ujung dari helix bagian bawah. Lakukan sweep (penebalan) segi tiga terhadap helix (path/alur perputaran). Caranya ketik sweep enter klik segi tiga enter dan klik helix sebagai pathnya. Sekarang pindahkan hasil helix tadi ke tengah nut yang sudah jadi sebelumnya. Caranya : ketik move enter klik center lingkaran dari helix dan cari center dari nut yang sudah jadi. Nah sekarang nut yang kita buat sudah ada ulir sitengahnya. Bagaimana udah jadi agan-agan bikin? Coba terus .

No comments :

Post a Comment