Sunday, March 12, 2017

Mengenal objek dasar gambar 3d

Silahkan gan....


Kotak (box) : objek gambar berbentuk balok yang terdiri dari sisi-sisi panjang, lebar dan tinggi yang mempunyai ruang tertutup ditengah.Banyak objek-objek gambar yang bentuk dasarnya berasal dari kotak. Cara membuatnya adalah ketik box enter specify other coner (tentukan panjang sisi) jika memilih cube akan terbentuk kubus yang mempunyai sisi-sisi yang sama dan jika memilih length kita mengisi panjang balok enter, width lebar balok, hight tinggi balok. Cone (kerucut) berbentuk dasarnya berbentuk lingkaran dan tingginya berbentuk lancip atau tumpul tergantung nilai angka pada top radius (0=runcing,>0=berbentuk bidang datar pada ujungnya. Caranya : ketik cone enter, tentukan titik center lingkaran, tentukan diameter lingkaran dasar. Top radius = lingkaran yang terbentuk pada puncak kerucut.Height: ketinggian kerucut.

Edge surf : sebuah permukaan terdiri garis horizontal dan vertikal.caranya : bikin empat garis yang saling berhubungan tanpa ukuran (bebas) sebagai path dan ketik edgesurf enter klik garis pertama, garis kedua, garis ketiga dan garis keempat sekarang terdapat garis vertikal dan horizontal memenuhi ruang empat persegi.Pyramid  agan-agan tentu mengenal bangunan besar dimesir ini. Terdiri empat titik sebagai pondasi dan satu titik terletak ditengah puncak vertikal.caranya : ketik pyramid enter, tentukan titik dasar bangunan pyramid, ukuran radius ( tentukan nilainya) dan height tinggi dari vertikal. Sphere : bangunan seperti bola. Caranya : ketik sphere enter. Klik sembarang tempat klik radius (jari-jari bola), klik diameter (diameter bola). Torus : bahasa awamnya bentuknya seperti bentuknya donat. Caranya : ketik torus enter, tentukan nilai diameter lingkaran (d) / jari-jati (r). Kemudian tentukan tube diameter/jari-jari. Untuk objek-objek ruang lainnya bisa agan-agan bisa tebak dan bisa dibikin dengan autocad 3d. Memang ini membutuhkan kesabaran mempelajari autocad 2d dan 3d. Selamat belajar.

No comments :

Post a Comment