Kotak (box) : objek gambar berbentuk balok yang terdiri dari
sisi-sisi panjang, lebar dan tinggi yang mempunyai ruang tertutup
ditengah.Banyak objek-objek gambar yang bentuk dasarnya berasal dari kotak.
Cara membuatnya adalah ketik box enter specify other coner (tentukan panjang
sisi) jika memilih cube akan terbentuk kubus yang mempunyai sisi-sisi yang sama
dan jika memilih length kita mengisi panjang balok enter, width lebar balok,
hight tinggi balok. Cone (kerucut) berbentuk dasarnya berbentuk lingkaran dan
tingginya berbentuk lancip atau tumpul tergantung nilai angka pada top radius
(0=runcing,>0=berbentuk bidang datar pada ujungnya. Caranya : ketik cone
enter, tentukan titik center lingkaran, tentukan diameter lingkaran dasar. Top
radius = lingkaran yang terbentuk pada puncak kerucut.Height: ketinggian
kerucut.
Edge surf : sebuah permukaan terdiri garis horizontal dan
vertikal.caranya : bikin empat garis yang saling berhubungan tanpa ukuran
(bebas) sebagai path dan ketik edgesurf enter klik garis pertama, garis kedua,
garis ketiga dan garis keempat sekarang terdapat garis vertikal dan horizontal
memenuhi ruang empat persegi.Pyramid
agan-agan tentu mengenal bangunan besar dimesir ini. Terdiri empat titik
sebagai pondasi dan satu titik terletak ditengah puncak vertikal.caranya : ketik
pyramid enter, tentukan titik dasar bangunan pyramid, ukuran radius ( tentukan
nilainya) dan height tinggi dari vertikal. Sphere : bangunan seperti bola.
Caranya : ketik sphere enter. Klik sembarang tempat klik radius (jari-jari
bola), klik diameter (diameter bola). Torus : bahasa awamnya bentuknya seperti
bentuknya donat. Caranya : ketik torus enter, tentukan nilai diameter lingkaran
(d) / jari-jati (r). Kemudian tentukan tube diameter/jari-jari. Untuk
objek-objek ruang lainnya bisa agan-agan bisa tebak dan bisa dibikin dengan
autocad 3d. Memang ini membutuhkan kesabaran mempelajari autocad 2d dan 3d.
Selamat belajar.
No comments :
Post a Comment