Thursday, January 12, 2017

Membuat Range Tool Auto 3d

Silahkan gan....
Kita akan membuat tool dibawah ini, sebelum kita mulai terlebih dahulu saya sarankan penggunaan perintah 2d sudah agan-agan  kenal karena perintah-perintah saling berkaitan. Saya berusaha memberikan urutan secara detail cara pengerjaanya. Yok mari kita kerjakan :

Pengerjaan I :(1.)Seperti  biasa siapkan  area gambar dan penyutingan di perintah-perintah autocad .(2.)Buat lingkaran letakan ditengah area gabar dengan diameter 5.6, lakukan untuk lingkaran ke 2 dengan diameter 3.6 dan lingkaran ke 3 diameter 3.  Dengan titik pusat lingkaran (cen) yang sama.(3.)Buat garis yang membelah lingkaran 2  diameter=3.6 dan  3 diameter=3. Offsetkan 0.2 ke kiri dari garis dan dikanan dari garis.(4.)Array polar terhadap  tiga garis yang sudah buat.caranya klik array, pilih polar, klik ke tiga garis vertikal, tekan enter satu kali untuk melewati  select objek lagi.klik titik central lingkaran, klik item (banyak objek di array)=6.(5.)Hapus bagian yang tidak diperlukan  seperti gambar diatas dengan perintah trim. Caranya ketik trim enter, ketik all enter. Klik edge, klik no extend. Klik bagian-bagian yang dihapus dengan menggunakan klik garis-garis yang tidak dibutuhkan.(6.)Gabungkan semua garis  yang membentuk gambar seperti gear diatas dengan perintah pedit.Caranya ketik pedit enter,klik objek, klik yes, klik satu buah garis, klik joint, klik semua garis-garis yang dihbungkan. Pastikan garis-garis yang membentuk gear tadi menyatu dilihat dengan cara mengklik gear, apabila sudah menyatu berarti objek-objek garis tadi sudah menjadi satu objek gear.
 INGGAT : apabila belum menjadi satu berarti objek garis masing-masing  antara ujung garis (endpoint) tidak saling bertemu. Lakukan penghubungan dengan secara manual dengan zoom window dipertemuan garis.Carannya klik zoom window, range area  area yang mau diedit. Klik ujung garis satu dan arahkan keujung garis satunya lagi. Begitu  untuk yang lain. Lakukan pedit ulang lagi.
Pengerjaan II :(1.)Buat garis ditengah lingkaran sepanjang 7, dari sayap kiri ke sayap kanan.buat sebuah lingkaran diujung sayap kiri dengan diameter=1.5. buat garis bantu dari titik center lingkaran diameter=1.5 kekiri sejauah 0.7. Buat garis vertikal keatas sejauh 0.5 dan kebawah 0.5. (total garis =1). Ujung garis  vertikal paling atas buat gari miring dengan panjang  2 . caranya klik line, klik ujung garis vertikal 1 ketik @2<10 enter. Sehingga terbentuk garis menghimpit lingkaran 5.6.(2.)Fillet garis vertikal dengan  garis miring baru dibuat caranya: klik fillet, klik radius=0.5 enter. Klik garis vertikal kemudian klik garis miring. Lakukan fillet juga untuk garis miring dengan lingkaran 5.6 caranya klik fillet , klik radius=0.5 enter. Klik garis miring dan klik lingkaran 5.6. hapus garis yang tidak perlu dengan trim.(3.)Mirror kan garis yang yang sudah dimodifikasi. Terhadap garis horizontal  0.7 . caranya klik mirror klik objek yang sudah di modifikasi , enter klik ujung garis 0,7 dan klik lagi sisi satu lagi. Enter 2x.(4.)lakukan pedit terhadap objek sayap kiri. Dan lakukan trim bagian yang perlu dihapus.
Pengerjaan III :(1.)Mirrorkan semua sayap kiri (Sudah menjadi satu objek) terhadap garis tengah vertikal lingkaran 5.6  . sehingga terbentuk sayap kanan.hapus bagian gambar yang tidak perlu dengan trim.(2.)Lakukan pedit terhadap sayap kiri, lingkaran5.6 dan sayap kanan. Sehingga menjadi satu objek.kalau belum berhasil cek end poin. Sudah diterangkan sebelumnya. 
Sekarang robah tampilan 2d menjadi 3d : Caranya : Klik kubus view dikanan autocad 2013. Klik di sudut antara S dan E atau SE isometric di autocad 2007.
(1.) Region : memberikan lapisan layer terhadap semua objek yang ada. Carany klik region , ketik all enter.(2.)Subtract: Membuat lobang untuk sayap satu dan sayap dua. Caranya : ketik subtract enter klik objek yang paling besar enter dan klik lingkaran kecil disayap kiri dan lingkaran kecil disayap kanan enter. Pastikan semua objek ( sayap kiri ,lingkaran 5.6 dan sayap kanan menjadi satu).(3.)extrude : menebalkan  objek yang sudah menjadi satu kesatuan. Caranya : Klik extrude, klik objek , tentukan ketebalan =0.3.Nah sudah berhasilkah agan-agan membuat seperti gambar contoh kalau belum coba lagi, jangan menyerah. Kalau sudah berhasil.  
Lanjutkan dengan perenderan:(a)Letakan camera disudut yang kita inginkan, caranya buat segi empat terletak sejajar dengan flange tool yang kita buat. Buat garis vertikal dari ujung sudut kira-kira 10 (sumbu z). (b) ketik camera klik ujung garis arahkan, ke gambar flange sudah terbentuk.(c)view (menu bar) , klik view manager, klik model view, klik camera1 .Klik set current, klik applay. (d)Ketik light , klik point (Jenis model lampu), klik di tempat camera1.(pengaturan pencahayaan).(e)Ketik mat , maka akan ditampilkan jenis-jenis material, cari metal, klik kanan mouse, add  to, klik Active  tool palet. Lihat palet yang aktive: klik material yang sudah ditransfer dan Klik(muncul gambar kuas). Klik flage tool sudah jadi.(memberi material pada objek).(f)lakukan perintah Render, caranya klik render pada menu bar dan klik render.Catatan :Jika menu render tidak aktif, klik kanan pada menu bar, klik show tab, centang render.tertulis 5.6 artinya 5,6 cm. selamat mencoba gan semoga berhasil.

No comments :

Post a Comment